Sistem Grounding

JASA SISTEM GROUNDING SURABAYA - NIAGA PETIR

Sistem grounding harus dilakukan dengan tepat dan benar karena sistem grounding penangkal petir berfungsi untuk menyalurkan arus penangkal petir akibat sambaran petir untuk di netralkan ke bumi. Pembuatan sistem grounding harus mempunyai kemampuan untuk menetralisir kekuatan arus sambaran petir, untuk itu dalam pelaksanaan pembuatan sistem grounding harus mengacu pada hasil resistensi yang telah ditetapkan oleh pemerintah melalui Dinas Ketenaga Kerjaan yang menaunggi K3.

Ketetapan hasil resistensi sebuah sistem grounding harus di bawah 5 Ohm dengan menggunakan alat Earth Tester yang telah di kalibrasi oleh dinas PLN sebagai lembaga yang mengawasi mutu dalam hal kelistrikan. Penetapan hasil resistensi di bawah 5 Ohm ini telah melalui uji Lab yang dilalukan oleh Dinas terkait yang bertujuan tidak ada muatan atau lompatan lebih dari arus penangkal petir sehingga bisa menyebabkan penangkal petir menjadi rusak atau hancur bahkan bisa menimbulkan induksi pada bangunan.

Sistem grounding ini secara berkala harus dilakukan pengecekan untuk mengetahui perubahan hasil resistensi, Perubahan hasil resistensi bisa disebabkan adanya tingkat korosi pada material yang digunakan dalam instalasi sistem grounding atau perubahan struktur tanah di tempat pemasangan sistem grounding.

Harga Jasa Sistem Grounding

Harga Rp. 3.000.000,- ( Harga Estimasi ) Harga sudah termasuk biaya transportasi area Jawa Timur

MaterialJumlahSatuanCatatan
Kabel NYA 1 x 50 mm5MeterKabel Grounding Utama
Conduit 25 mm x 3 m1LotJumlah Conduit Mengikuti Panjang Kabel
Box Control1SetInclude busbar
Kabel BC 50 mm1LotJumlah Kabel Mengikuti Jalur Grounding
Ground Rod 5/8 x 3 m1LotJumlah Ground Rod Mengikuti Hasil Tes Grounding <3 Ohm
Material Bantu1LotMaterial Penunjang Instalasi
Biaya Pemasangan1TitikGaransi 1 Tahun

Catatan :

  1. Material Sistem Grounding menggunakan standar SNI dan home industry yang terdaftar di Kementerian Perindustrian yang telah teruji dengan baik dilapangan
  2. Instalasi Sistem Grounding menggunakan metode Internasional IEC 62305
  3. Untuk hasil akhir menggunakan alat ukur tahanan grounding agar instalasi sistem grounding yang kami kerjakan bisa berfungsi dengan baik serta dapat bekerja secara optimal